Tips Menghafal Al-Quran ala Rumah Baca Al-Qur’an

bahrulmaghfiroh.com – Salah satu amalan paling baik yang ingin diraih semua umat Islam adalah menghafal AL Qur’an. Banyak keutamaan yang akan diraih jika seseorang dapat menjadi penghafal Al Qur’an. Keutamaan yang didapatkan jika menjadi penghafal AL Qur’an antara lain kelak di dalam surga akan diberikan derajat yang tinggi. Penghafal AL Qur’an dapat memberikan mahkota di Surga untuk orang tua, terbebas dari siksa dan masih banyak lagi. Namun, menghafal Al Qur’an bukan pekerjaan yang mudah. Bahkan untuk menghafal satu surat pun kadang membutuhkan waktu yang sangat lama dan hanya bertahan tidak lama untuk hafal di luar kepala.

Jika tidak pandai memanfaatkan waktu, maka apa pun cara menghafal Al Qur’an yang kita lakukan hanya berakhir menjadi keinginan belaka. Tetapi bukan berarti menghafalkan AL Qur’an menjadi hal yang mustahil dilakukan.

Kali ini kami dari Pondok Pesantren Bahrul Maghfiroh akan menunjukkan atau menyarankan bagaimana tips tips bagi penghafal Al-Qur’an agar bisa cepat dan mudah untuk menghafal.Di Pondok Pesantren Bahrul Maghfiroh selain belajar tentang ilmu syari’at dan ilmu formal, disini juga ada lembaga untuk menampung santri yang ingin menghafal Al-Qur’an yang mana lembaganya itu bernama ” Remaja Bimbingan Qur’an ” atau bisa disingkat dengan RBQ.

Awal berdirinya RBQ di Pondok Pesantren Bahrul Maghfiroh ini pada 9 Februari 2019 silam. Pada saat itu santri yang masuk berjumlah 11 orang dan pengajarnya ada 2 orang yaitu Ustad Syamsul Hadi selaku Ketua dari Lembaga RBQ dan Ustad Syamsul Ibad selaku Pembimbing Santri hafalan.

Awal didirikan Rumah Bimbingan Quran di Pondok Pesantren Bahrul Maghfiroh ini merupakan ide atau gagasan pengasuh Pondok Pesantren Bahrul Maghfiroh sendiri, yaitu Prof. Dr. Ir. Mohammad Bisri, Ms. Beliau menginginkan Pondok Pesantren Bahrul Maghfiroh ini selain memberikan ilmu agama kepada para santrinya, beliau juga ingin lulusan Bahrul Maghfiroh itu bisa menghafal Al-Qur’an.

Di RBQ Pondok Pesantren Bahrul Maghfiroh ini ada 3 program wajib yang harus diikuti oleh setiap santri penghafal Qur’an, yaitu program harian, mingguan, dan bulanan. Pada program harian, setiap santri itu wajib menyetorkan hafalan Al-Qur’an yang baru itu minimal 1 halaman dan juga memuroja’ah atau mengulangi hafalan sebelumnya 1 lembar Qur’an.

Selanjutnya pada program mingguan santri RBQ itu tidak diwajibkan untuk hafalan, akan tetapi santri itu hanya diwajibkan untuk menyetorkan hafalan yang sudah diselesaiki seminggu ini, dengan minimal penyetorannya yaitu 10 halaman Qur’an. Dan untuk program bulanan itu sama seperti program mingguan, akan tetapi hanya ditambahi penyetoran hafalannya yaitu 1 juz. ” Gunanya muroja’ah itu agar santri yang menghafal Qur’an itu tidak lupa terhadap apa yang dihafalkannya. ” ucap ketua RBQ Ustadz Syamsul Hadi.

Untuk tips yang diberikan RBQ Pondok Pesantren Bahrul Maghfiroh agar santrinya itu mudah untuk menghafal itu ada beberapa, yaitu :
1. Meluruskan niat untuk menghafal Qur’an dengan bertujuan untuk mencari ridho nya Allah S.W.T
2. Melakukan sholat hajat yang bertujuan untuk memohon kepada Allah agar saat menghafal diberikan kemudahan dan kesabaran dalam menghafal Al-Qur’an.
3. Menanamkan keyakinan dihati penghafal bahwa menghafal Al-Qur’an itu perkara yang mudah, bukan perkara yang sulit
4. Meminta doa dan restu dari orangtua dan guru agar bisa optimis dalam menghafal Al-Qur’an.
5. Belajar mengakrabkan diri dengan Al-Qur’an, yaitu dengan cara terus membacanya dan juga mengetahui maknanya agar ketika menghafal itu bisa cepat untuk menghafal.

Dan alhamdulillah selama berjalannya waktu untuk saat ini santri yang ada di RBQ Bahrul Maghfiroh berjumlah 17 orang dan juga untuk hafalan santri yang lama di RBQ itu kurang lebih hafalannya itu sudah 18 juz dan untuk santri yang baru masuk di awal semester ini rata-rata sudah menghafal 3 juz.

Book your tickets