Suasana Maulid Nabi Muhammad SAW di Aula Ponpes Bahrul Maghfiroh Malang, Senin (28/12/15).

[foogallery id=”1406″]Ponpes Bahrul Maghfiroh Malang menyambut hari kelahiran manusia sempurna, Nabi Muhammad SAW dengan menggelar pengajian di Aula Ponpes Bahrul Maghfiroh Malang, Senin (28/12/15). Acara yang dimulai sejak pukul 17.00 itu, kebanyakan dihadiri oleh para wali santri Bahrul Maghfiroh Malang, karena sekaligus pembagian raport hasil belajar selama setahun.

Acara tersebut dimulai dengan pembacaan kitab Dalailul Khoirot serta qoshidah-qoshidah dan sholawat kepada Nabi Muhammad SAW. Setelah itu dilangsungkan ceramah agama yang di isi oleh Ust. Mahfudz Affandi. Dalam tausiyahnya, ia menceritakan tentang  kelahiran Nabi agung Muhammad SAW. “Robi’ul Awal ini merupakan sebuah bulan yang diistimewakan oleh Allah SWT, karena kelahiran manusia termulya di seluruh alam, Sayyiduna Muhammad SAW.” tutur ustadz yang juga teman dekat Gus Luqman Al Karim ketika mondok.

Dimana telah terkenal diseluruh alam semesta ini akan kemulyaan-kemulyaan yang diberikan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW. Ketika masuk bulan kelahirannya, maka seluruh umat islam berbahagia dan menyambutnya dengan semangat merayakannya. Sudah menjadi kepantasan  bagi mereka untuk mengagung-agungkan Rosulullah SAW, karena memang ia memiliki sebuah sifat yang diceritakan oleh Allah SWT “Laqod kana lakum fi rosulillahi uswatun hasanah” Artinya: “Sesungguhnya terdapat suri tauladan yang baik pada diri Rosulullah SAW bagi kalian semua.”

Ulama mengatakan bahwa acara seperti ini merupakan suatu cara untuk mengenalkan kepada seluruh manusia akan sosok Nabi Muhammad SAW supaya mereka dapat mencintai kepadanya. Dimana, kecintaan ini sangat penting sekali bagi umat islam untuk kesempurnaan keimanannya kepada Allah SWT. Sebagaimana diterangkan oleh Rosululullah SAW dalam haditsnya “La yu’minu ahadukum hatta akuna ahabba ilaihi min walidihi wawaladihi wannasi ajma’in” Artinya : “Tidak sempurna iman seseorang sehingga saya lebih ia cintai daripada orang tuanya, anak-anaknya dan manusia sekalian.”

Seusai tausiyah, Gus Luqman memberikan pengumuman kepada para wali santri bahwasanya ketua ponpes Bahrul Maghfiroh Malang saat ini diganti dengan ust. A Muzammil dan diwakili oleh ust. Fathul Mu’in. Sesampainya dipengujung acara akhirnya acara ditutup oleh pembacaan sholawat dan mahalul qiyam (bacaan sambil berdiri) serta do’a yang dipimpin oleh ust. Abdul Aziz Sukarto Faqih.

Book your tickets