Santri Bahrul Maghfiroh Malang Belajar Membuat Pin dan Ganci

bahrulmaghfiroh.com – Pondok pesantren selama ini pembelajarannya hanya memprioritaskan ilmu agama namun minus keahlian yang lain sehingga banyak yang menganggur untuk menghadapi di era sekarang ini santri diharapkan mempunyai motivasi untuk berwirausaha agar dapat menciptakan lapangan kerja sendiri. Alhamdulillah pada kesempatan ini, Para santri Bahrul Maghfiroh begitu gembira. Bagaimana tidak, mereka mendapatkan materi yang tidak biasa diberikan dikelas tiap hari. Mereka dibekali pelatihan life skill membuat pin dan ganci. Pelatihan ini dipelopori oleh salah satu asatidz, yaitu Pak Apud Mahpudin, Saya yakin bahwa banyak santri di Pondok Pesantren Bahrul Maghfiroh memiliki potensi yang besar dibidang seni, salah satunya dibidang desain grafis. Pada pelatihan ini santri dibekali bagaimana cara membuat pin atau ganci mulai membuat desain gambar yang diinginkan, memilih jenis ukuran yang akan dipakai, sampai proses tahapan akhir menjadi sebuah pin atau ganci untuk aksesoris yang bisa digunakan sebagai media promosi, tanda pengenal, hiasan tas & jilbab, kenang-kenangan event, bahkan souvenir di pesta pernikahan.

Dari kegiatan ini satu persatu santri melakukan praktik secara langsung dengan bergiliran sehingga mereka bisa tau dan mersakan susah senangnya melakukan kegiatan tersebut. Harapannya yang didapatkan dari praktik membuat pin atau ganci ini. santri tidak hanya cakap membaca kitab kuning tapi mampu berwirausaha yang bisa mendapatkan penghasilan tambahan ekonomi atau menjadikan sebuah sampingan usaha yang bisa berguna dan bekal di masa yang akan datang setelah tidak lagi berada dipesantren.

Membuat Pin dan Ganci sebenarnya bukan sesuatu yang sulit. Semua orang bisa mempelajarinya, asal ada kemauan, karena tidak membutuhkan keahlian khusus dalam prosesnya (kecuali desain gambarnya). Pada kegiatan ini kita akan mencoba membagikan informasi bagaimana proses pembuatan pin dan ganci

Alat dan bahan baku yang dibutuhkan antara lain:

  • Mesin press pin + Moulding
  • Printer
  • Gunting atau circle cutter
  • Kertas (dianjurkan menggunakan kertas inkjet, agar warna gambar lebih cerah)
  • Kaleng Pin, plastik Pin, Peniti/ganci (Bahan baku utama pin)
  • Sticker laminasi (glossy,doff,kanvas,glitter)

Langkah-langkah membuat pin :

  1. Desain Pin terlebih dahulu (Berbentuk lingkaran
  2. Print (cetak) desain gambar dengan printer
  3. Potong kertas yang sudah dicetak gambar (berbentuk Lingkaran) menggunakan gunting atau circle cutter
  4. Lapisi dengan sticker laminasi yang juga telah dipotong berbentuk lingkaran
  5. Taruh bahan baku utama Pin (kaleng, plastik, peniti/ganci) ke alat press pin
  6. Taruh Kertas gambar yang telah dilapisi laminasi kealat press pin
  7. Press Pin dengan alat press Pin
  8. dan Pin siap dipakai

oleh : Apud Mahpudin, S.Pd

Book your tickets