Santri AMAN di Pondok! Kegiatan Belajar Santri di Pondok Pesantren

bahrulmahghfiroh.com – SMP Bahrul Maghfiroh melakukan kegiatan KBM sejak awal kembalinya para santri pada Juli lalu. Kegiatan belajar mengajar (KBM) dilaksanakan dengan tatap muka sesuai arahan dari pengasuh Pondok Pesantren Bahrul Maghfiroh, Prof. Dr. Ir. Moh. Bisri MS. Beliau mengatakan kegiatan sekolah tetap berjalan dengan semestinya namun tetap mematuhi protokol kesehatan seperti masker dan cuci tangan.

“Kami dari pihak sekolah akan menerapkan protokol kesehatan sesuai yang dianjurkan dan menyesuaikan apapun yang diinstruksikan oleh pihak pondok,” kata Kepala Sekolah SMP Bahrul Maghfiroh Bapak Risman Heli, Kamis (5/2/2021).

Selain itu, para santri dan guru setiap pagi melakukan senam pagi dilanjut dengan berlari keliling lapangan sebelum pulang sekolah. Pak Risman mengatakan ini dilakukan agar para santri tidak jenuh dan stress karena isolasi yang dilakukan oleh pihak pondok. Larangan kunjungan santri semakin ketat untuk mencegah penyebaran dari luar pondok.

Kegiatan belajar mengajar saat ini lebih aman semenjak penerapan rapid test untuk para santri yang kembali ke pondok. “Kami menitipkan anak kami dipondok agar dijaga dan didik dengan baik” ungkap salah satu wali santri saat mengantarkan anaknya ke pondok (2/1/2021).

Sebelumnya kegiatan belajar dapat dilakukan melalui Google Classroom sejak awal pandemi COVID-19 pada awal Maret 2020. Kegiatan ini berlangsung cukup lama sampai bulan ramadhan.

Melihat itu, terjadi keluhan wali santri. Mereka berharap anaknya segera masuk sekolah sebagai mana mestinya. Banyaknya wali santri yang tidak mampu sehingga pembelajaran online (daring) tidak efektif dan sulit diterima oleh para santri.

Pada akhir Juli 2020, para santri bisa kembali ke pondok dengan syarat membawakan surat kesehatan dari rumah sakit atau puskesmas terdekat. Dan kegiatan belajar mengajar diberlakukan sistem shift.

“Sistem Shift merupakan arahan dari Dinas kesehatan daerah agar tidak terjadi kerumunan saat berada di kelas” turur Pak Risman. Sistem ini diberlakukan dengan baik hingga semester ganjil berakhir.

Kita belum tahu kapan pandemi ini akan berakhir. Tapi mendidik para santri merupakan tanggung jawab yang sangat besar. Semoga musibah ini segera dianggkat oleh ALLAH sehingga kita bisa beraktfitas kembali. Amin

Book your tickets