Rejeki Terbaik Adalah Rejeki Yang Berkah

habib abdllh

PENUH HIKMAH: Habib Abdullah Ba’abud saat bercerita tentang sepasang suami istri yang mendapat rejeki berkah.

Berbicara soal rejeki pastinya kita sebagai umat islam memilih rejeki yang benar-benar terdapat keberkahan dari Allah SWT. Dikatakan oleh Al Habib ‘Ali Bin Muhammad Al Habsyi “الحبة اذا بركها المولى تتلقي الحبوب” yang artinya: Sebutir Biji (padi/gandum dsb.) jika diberkahi oleh Allah SWT, maka akan berubah menjadi banyak sekali biji (ratusan hingga ribuan biji). Begitulah isi Tausiyah Al-Habib Abdullah Ba’abud pada acara Safari Dakwah Majlis Ta’lim Bahrul Maghfiroh yang digelar di Masjid Istiqomah, Jl. Mayjen Panjaitan 09, RT/RW 08/06, Malang. Disamping itu, ia juga bercerita tentang sepasang suami istri yang diberi rejeki yang barokah oleh Allah SWT.

Diceritakan bahwasannya suatu hari ada salah seorang suami bermimpi diberi tawaran oleh seseorang akan ditunjukan harta karun yang lumayan tinggi nilainya yaitu seratus dirham (setara Rp. 2 Milyar). Namun, seorang suami tersebut bertanya kepada orang yang menawarkan uang tersebut. Apakah uang tersebut terdapat barokah? dijawab oleh nya: “Karena tidak ada berkahnya”. Maka seketika itu seorang suami itu akhirnya menolak alias tidak mengambilnya.

Keluar dari mimpinya, ia kemudian langsung menceritakan mimpi tersebut kepada istrinya. “Wahai istriku! semalam saya bermimpi ditemui oleh seseorang dan menawarkan dan akan ditunjukan harta karun lagi sejumlah uang dua ratus dirham. Namun, saya tidak ingin mengambilnya karena harta/uang tersebut tidak ada barokahnya”. Akhirnya, seorang istri tersebut secara langsung tercengang dan memarahi suaminya karena tidak mengambilnya. “Mengapa kamu tidak mengambilnya? keadaan kita saat ini kan lagi butuh uang?” ucap seorang istri dengan nada tinggi.

Kesosak harinya, suami tersebut kedapatan bermimpi lagi dengan cerita yang serupa. Ia ditawari dengan sejumlah uang namun nominalnya lebih kecil dari yang pertama yakni 50 dirham (setara Rp. 500 Juta). Lalu, dengan pertanyaan yang sama, ia kembali menanyakan kepada seseorang yang menawarkan sejumlah uang tersebut, dijawab olehnya dan ternyata jawabannya masih sama “Tidak ada berkahnya”. Terbangun dari tidurnya, ia kembali menceritakan mimpi tersebut kepada istrinya dan seketika itu pula istrinya kembali kebingungan karena merasa aneh dengan tingkah suaminya tersebut.

Singkat cerita, beberapa hari kemudian, seorang suami tersebut akhirnya kembali lagi mengalami mimpi yang sama, namun kali ini ia ditawarkan dengan sejumlah uang yang jauh sangat sedikit dari nominal sebelumnya yakni dua dirham (setara Rp. 1 Juta). Namun, pada kesempatan ketiga ini ia menyanggupi tawaran tersebut setelah menanyakan dengan pertanyaan serupa pula, akan tetapi dengan jawaban yang berbeda. “Iya, harta tersebut ada barokahnya” kata seseorang yang menawarkan harta karun tersebut. Akhirnya, olehnya ditunjukanlah letak harta karun yang terpendam disebuah lokasi tertentu.

Seusai bangun tidur, seorang suami tersebut langsung menuju lokasi yang ditunjukan oleh seseorang dalam mimpinya, namun pada kali ini tanpa menceritakan kepada istrinya terlebih dahulu dan akhirnya ia berhasil menemukan sejumlah uang yang diceritakan tersebut (Rp. 1 Juta). Setibanya dirumahnya, kemudian salah suami itu langsung memberikan uang yang ia dapatkan kepada istrinya. Namun, istrinya bertanya kepada suaminya “Kenapa ditawari uang Rp. 2 Milyar, Rp. 500 Juta kamu tolak sedangkan Rp. 1 Juta kamu ambil?” dijawab oleh suaminya “Sudahlah, terima saja uang ini dan gunakanlah untuk berbelanja hari ini”.

Diterimalah uang tersebut dan ia belanjakan untuk kebutuhan dapur. Pada waktu itu, salah istri itu membelikan ikan laut. Namun, dari sinilah mulai terjadi kejadian luar biasa. Saat dirumahnya ia memotong ikan tersebut, ia menemukan sebutir permata yang ternyata sangat mahal sekali harganya. Disaat keduanya menanyakan kepada penjual perhiasan, jika diuangkan harganya sebesar Rp. 20 Milyar. Subhanallah, inilah yang dikatakan rejeki yang berkah. Dari sini kita mendapat pelajaran, bahwasannya rejeki yang sedikit tapi berkah hakikatnya lebih baik daripada rejeki banyak namun tidak ada keberkahan didalamnya.

Mudah-mudahan kita semua diberikan oleh Allah SWT sebuah rejeki, keturunan dan segalanya yang diberikan oleh Allah kepada kita semua menjadi sesuatu yang berkah. Ammiin Ya Robbal ‘Alamin.

Book your tickets