Konsep Kerja Unit Usaha Keju Mozzarella

bahrulmaghfiroh.com – Keju mozzarella adalah salah satu produk unggulan di pondok kami yang saya yakin produk ini adalah pertama dan satu satunya produk yang sudah di produksi oleh pondok pesantren di Jawa Timur. Namun bukan hanya sudah di produksi namun sudah dilakukan proses bisnis lengkap mulai dari produksi hingga distribusi ke seluruh penjuru di Indonesia.

Latar belakang produk ini muncul berangkat dari keresahan kami akan KEHALALAN produk sejenis yang sudah banyak beredar di Indonesia yang notabene nya berasal dari impor menggunakan kandungan enzim rennet (bahan penggumpal susu) berbasis hewani. Bahkan yang paling banyak beredar di pasaran tidak memiliki ijin HALAL yang resmi. Alhamdulillah dengan bantuan para praktisi yang ahli di bidang pengolahan pangan kami dapat menciptakan produk ini dengan menggunakan bahan enzim rennet berbasis nabati yang aman dari sisi halalnya.

Sedikit cerita, di pondok kami juga memiliki unit HALAL CENTER dengan SPMHI (Sistem Penjaminan Mutu Halal Internal) yang benar benar menjamin ke halalan produk yang kami produksi mulai dari bahan baku, proses produksi sampai produk kami diterima oleh konsumen. Selain itu produk kami juga sudah bersertifikat halal resmi dari MUI.

Produk kami adalah Keju Mozarella merek “Chizzu” yang sudah viral di media sosial dengan tagline “Keju Mozarella Khas Malangnya Kakaak”. Keju Mozzarella adalah salah satu dari ratusan jenis keju yang ada di dunia, dimana keju mozzarella ini mempunyai ciri khas yang berbeda bila dibandingkan dengan jenis-jenis keju lainnya, yaitu bisa meleleh dan elastis pada kondisi panas/hangat sehingga banyak dimanfaatkan sebagai topping maupun isian kuliner kekinian. Keju mozzarella Chizzu ini diproduksi dengan teknologi terbaru, yaitu metode direct acidification. Dimana metode ini bisa meningkatkan kecepatan proses produksinya sehingga bisa meminimalisir biaya produksi.

Alhamdulillah, bisnis keju ini sudah berjalan selama lebih dari 3 tahun dengan rata-rata penjualan mencapai 4 TON dalam sebulan dan InsyaAllah akan terus berkembang. Untuk proses distribusi sudah di sebarkan ke hampir penjuru Indonesia. Mulai di pulau Jawa sudah hampir merata, Kalimantan Timur, NTT, Bali, Madura, Sumatera dan lokasi lainnya. InsyaAllah dalam waktu dekat sudah ada permintaan untuk ekspor ke Timur Tengah dan Malaysia, kami sedang mengurus ijinnya. Mohon doa dan dukungannya.

Kami berkomitment menjadikan usaha keju mozarella ini sebagai salah satu ikhtiar terwujudnya kemandirian ekonomi pondok pesantren Bahrul maghfiroh dengan memberikan sebagian dari keuntungan dari usaha ke pondok. Berikut ketentuan perhitungan bagi hasilnya: “Bagi hasil pondok 40% pengelola 40% saving 17,5% zakat 2,5%”

Per hari kami biasanya memproduksi 1.300 Liter susu segar dari peternak lokal yang kami beli dengan HARGA WAJAR, sehingga ikut memakmurkan kesejahteraan para peternak lokal. Jadi ada sekitar 70 ekor sapi yang dibutuhkan dalam sehari untuk bisa memenuhi permintaan produksi yang kami lakukan. Harapan kami kegiatan bisnis ini dapat bermanfaat khususnya untuk kemandirian ekonomi pondok dan umumnya untuk masyarakat sekitar. Baik dari sisi peternak sapi, penyerapan tenaga kerja untuk produksi dan pemasaran sampai para reseller dan distributor kami juga ikut merasakan manfaatnya karena produk kami mudah untuk dijual. Beberapa keunggulan dari produk kami sehingga bisa diterima oleh masyarakat Indonesia antara lain :

  1. Terjamin HALAL nya
  2. Mempunyai izin edar BPOM
  3. Harga nya terjangkau
  4. Lebih sehat karena tanpa bahan pengawet
  5. Menggunakan bahan enzimrennet nabati
  6. Cita rasa sudah disesuaikan dengan selera masyarakat Indonesia

Book your tickets