Keutamaan Berdzikir Di Sepuluh Hari Pertama Bulan Dzulhijjah

oleh: Arif Rachman Rosadi Lc.

bahrulmaghfiroh.com – Dzulhijjah termasuk bulan yang istimewa, dikarenakan memiliki banyak keutamaan yang telah Allah Swt letakkan didalamnya. Diantaranya adalah Allah Swt menjadikan bulan Dzulhijjah adalah bulan yang dilaksanakan rangkaian ibadah Haji dan berkurban, dan Allah letakkan banyak keistimewaan di sepuluh hari pertamanya. Pada sepuluh hari pertama di bulan Dzulhijjah dianjurkan untuk menghidupkan sunnah-sunnah Rasulullah Saw dan berdzikir. Imam al-Nawawi dalam kitab Al-Adzkar beliau menyampaikan:

واعلم أنّه يستحب الإكثار من الأذكار في هذا العشر زيادة على غيره ويستحب من ذلك يوم عرفة أكثر من باقي العشر

Artinya, “Ketahuilah bahwa disunnahkan memperbanyak dzikir pada sepuluh walah Dzulhijjah dibanding hari lainnya. Dan di antara sepuluh awal itu memperbanyak dzikir pada hari Arafah sangat disunnahkan”.

Dalil anjuran memperbanyak dzikir di sepuluh awal Dzulhijjah ini adalah:

ويَذْكُرُوْا اسمَ اللهِ فِي أيَّامٍ مَعلومَاتٍ

Artinya. “Dan supaya mereka menyebut nama Allah pada hari yang telah ditentukan …”. Qs. Al-An’am: 28.

Sebagaimana dikutip oleh Imam al-Nawawi, Ibnu Abbas, Al-Syafi’i, dan Jumhur ulama’ memahami bahwa kata ayyamam ma’lumat disini adalah sepuluh pertama Dzulhijjah. Selain itu dalam hadis riwayat Ahmad disebutkan:

مَا مِنْ أًيّاَمٍ أَعظَمُ عِندَ اللهِ وَلا أَحَبُّ إِليْهِ العَمَلُ فِيهِنَّ مِنْ هذهِ الأَيَّامِ العَشْرِ فَأَكْثِرُوْا فِيهنَّ من التًّهْلِيْل والتَّكْبِير والتَّحْمِيد.

Artinya, “Tidak ada hari-hari yang lebih agung di sisi Allah dan amal saleh di dalamnya lebih dicintai oleh-Nya dari pada hari yang sepuluh (sepuluh hari pertama dari Dzulhijjah), karenanya perbanyaklah tahlil, takbir, dan tahmid di dalamnya”. Hr. Ahmad.

Keadaan yang sedang di alami oleh seluruh umat di dunia ini, menuntut kita untuk senantiasa memperbanyak dzikir dan mengingat Allah Swt, karena begitu seringnya kita terlupa akan Allah Swt, dan begitu sibuknya kita akan urusan duniawi yang membuat kita lupa menyebut nama-Nya maka Allah Swt berikan sedikit cobaan dan ujian bertubi-tubi kepada kita, semata-mata agar kita kembali kepada-Nya dan senantiasa mengingat-Nya.

Mari kita perbanyak dzikir.. perbanyak menyebut asma-Nya.. perbanyak sholawat kepada baginda Nabi Saw.. semoga dengan keberkahan bulan Dzulhijjah ini, Allah angkat segala bala’ dan musibah yang sedang menimpa kita semua. Amiin Allahumma aamin.

Book your tickets