[Karya Guru] Tuntutlah Ilmu sampai Negeri Cina – Karya Syukur Insani

bahrulmaghfiroh.com

“Tuntutlah ilmu walaupun sampai ke negeri China”

saya bingung kenapa ilmu harus dituntut? memangnya ilmu salah apa?..
Hehe.. bercanda..

Hadits diatas merupakan hadits yang banyak ulama mengatakan hadits itu dhoif berdasar pada perawi-perawinya. Tetapi saya tidak akan membahas tentang hal tersebut pada post ini. Saya adalah salah satu orang yang dari dulu mengagumi negara China entah mengapa demikian mungkin juga karena terhasut oleh hadits tersebut tetapi saya tidak tahu.

Tetapi menurut saya memang China adalah salah satu negara terkuat di segala aspek. Entah apa kategori hadits tersebut, saya anggap saja ini sebagai sebuah peribahasa.

(kepandaian) China sudah mengenal tulisan sejak kurang lebih 1500 SM dan membuat kuas pada 210 SM dan negara penemu kertas yang sangat berguna yang tidak bisa dibayangkan kalau saja tidak ada kertas di dunia ini, pada abad pertama masehi.Faktanya banyak sekali yang menunjukkan bahwa China memang benar-benar layak menjadi tempat untuk belajar dan atau berlatih. Diantaranya:

  • (kimia) China juga merupakan negara yang menemukan mesiu yang merupakan bakal dari senjata-senjata masa kini yang sebelumnya disaat di daerah-daerah lain masih lebih tradisional, di dalam China sudah menggunakan api dan perkiraan cuaca dalam berbagai peperangan.
  • Ilmu pengobatan China termasuk yang tertua yang masih dipakai sampai sekarang dan tetap ampuh dan beberapanya mengungguli obat-obatan zaman sekarang. Salah satunya yang paling terkenal adalah akupuntur, Berdasarkan ahli sejarah Tionghoa Sima Qian; mereka telah menemukan bukti, bahwa akupunktur sudah dikenal sejak 5.000 tahun.
  • China masuk pada 3 besar negara dengan kekuatan militer terbaik.
  • Di China juga memiliki budaya mencari ilmu yang tinggi, lihat saja anak SD pun sekolah mulai dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore.
  • China merupakan raksasa ekonomi kedua dunia, pada Maret 2012 China menurunkan target pertumbuhan 2012 menjadi 7,5 persen untuk mengantisipasi pelambatan ekonomi global meski Bank Dunia memperkirakan ekonomi negara itu bisa tumbuh 8,0 persen. Penurunan target pertumbuhan itu mengindikasikan bahwa China telah mencapai fase nyaman dan realistis.
  • Disini menunjukkan 10 alasan China merupakan negara yang unggul.
  • Disini memperkirakan perbandingan antara China dan AS pada 2040.

Belum lagi China merupakan negara yang mempunyai komitmen tinggi dalam pertumbuhan dan kemajuan. Dapat dilihat salah satunya dari catatan olimpiade yang dari olimpiade ke olimpiade China semakin membaik dan akhirnya dapat dilihat pada Olimpiade Athena 2004 China menjadi Runner-Up dan menjadi juara umum pada saat menjadi tuan rumah Olimpiade Beijing 2008, dan saat ini (3/8/12 12:52) China mengungguli perolehan medali. kebanyakan orang China memiliki postur sama baiknya dengan orang Eropa tetapi tetap lentur badan mereka seperti halnya orang Asia.

Dan hal yang benar-benar membuat saya kagum adalah bagaimana negara ini memberikan sanksi yang keras dan tegas serta jelas pada pelanggaran-pelanggaran. Faktanya adalah negara ini merupakan negara yang paling banyak mengeksekusi mati apalagi terhadap koruptor-koruptor di negaranya, langsung di eksekusi mati. Dan bisa kita lihat hasilnya China adalah negara sejahtera sekarang ini.
Tidak seperti di Indonesia banyak sekali pelaku KKN tang tidak ditindak. Dan yang sangat disayangkan adalah hal itu sudah membudaya. Bisa dibayangkan betapa cepat pertumbuhan negara ini karena bagusnya fasilitas-fasiitas umum di negara ini berkat tak ada lagi KKN dan mengedepankan kepentingan bersama. Kapan pemerintah Indonesia akan menjadi seperti pemerintahan China?

Book your tickets