4 Manfaat yang terdapat pada Jagung

bahrulmaghfiroh.com – Di kutip dari alodokter, Jagung adalah makanan yang memiliki serat dan vitamin yang dapat membantu mengurangi resiko penyakit jantung dan masalah gastrointestinal. Dalam satu tongkol jagung setara dengan 100 gram biji jagung, terdapat sekitar 80-100 kalori. Selain itu, jagung juga mengandung beragam nutrisi, seperti: Serat Protein Karbohidrat kompleks Mineral berupa kalium, fosfor, zat besi, zinc, magnesium, tembaga, dan folat Vitamin, seperti vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, dan vitamin C Antioksidan, seperti asam fenolat, zeaxhantin dan lutein Karena beragam kandungan nutrisinya. Ada beberapa manfaat dari jagung yaitu:

  1. Melancarkan saluran pencernaan Jagung mengandung serat yang bermanfaat melancarkan pencernaan. Serat ini akan dicerna lebih lama dan dapat membuat saluran pencernaan lebih aktif. Karena mengandung serat, jagung dapat dikonsumsi untuk meringankan dan mencegah sembelit.
  2. Menyehatkan mata Jagung mengandung antioksidan zeaxantin dan lutein. Jenis nutrisi ini dikenal baik untuk menjaga kesehatan mata. Beberapa studi menunjukkan bahwa rutin mengonsumsi jagung dapat mengurangi risiko terjadinya gangguan mata terkait penuaan, seperti degenerasi makula dan katarak.
  3. Mencegah depresi, Jagung mengandung magnesium yang dapat menjaga kesehatan dan fungsi otak, sekaligus menjaga suasana hati. Kadar magnesium yang rendah disebut dapat meningkatkan risiko terkena depresi. Oleh karena itu, konsumsi jagung secara rutin dapat meningkatkan kadar magnesium dalam tubuh untuk mengurangi risiko depresi.

4.Mencegah Penyakit Divertukulitis

Kandungan serat yang tinggi di dalam jagung tak hanya baik untuk menjaga kesehatan saluran cerna, tetapi juga mencegah penyakit divertukulitis salah satu bentuk peradangan di usus besar. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa seseorang yang rutin mengonsumsi jagung dalam bentuk apa pun dapat menurunkan risiko terkena penyakit divertikulosis sebanyak 28%. Namun, manfaat jagung yang satu ini masih perlu dikaji lebih lanjut. Untuk mendapatkan manfaat jagung secara maksimal, Anda disarankan untuk mengonsumsi jagung segar dan bukan dalam bentuk yang sudah diolah, seperti sirop jagung. Meski berbagai manfaat jagung di atas masih membutuhkan penelitian lebih lanjut, tapi tidak ada salahnya bila Anda mulai menjadikannya sebagai bagian dari menu makan sehari-hari. Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui jumlah asupan jagung yang sesuai kondisi dan kebutuhan Anda. Meski memiliki manfaat bagi kesehatan, jagung sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan, terutama bagi penderita diabetes. Pasalnya, jagung mengandung kadar gula cukup tinggi, sehingga dapat meningkatkan kadar gula darah. Namun, selama dikonsumsi secara bijak, jagung masih baik dikonsumsi penderita diabetes. Karena jika mengonsumsi jagung terlalu banyak, dapat meningkatkan risiko terkena kanker tertentu, masalah hati, masalah paru-paru dan melambatnya sistem kekebalan tubuh.

Book your tickets